Tugas Kelompok: Badan Usaha
- Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan kita untuk memilih bentuk badan usaha:
1.
Jenis usaha yang dijalankan
Hal pertama dalam menentukan jenis usaha. Sesuai dengan keinginan pengiriman kita bisa dalam bentuk perdagangan, industri dsb. kita harus pintar-pintar memilih jenis usaha yang mengeluarkan modal tidak terlalu besar dengan resiko kerugian kecil.
Hal pertama dalam menentukan jenis usaha. Sesuai dengan keinginan pengiriman kita bisa dalam bentuk perdagangan, industri dsb. kita harus pintar-pintar memilih jenis usaha yang mengeluarkan modal tidak terlalu besar dengan resiko kerugian kecil.
2.
Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
Agar usaha dapat terkordinir dengan baik. kita menempatkan bagian-bagian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Pihak-pihak dalam perusahaan besar terdiri dari,
Agar usaha dapat terkordinir dengan baik. kita menempatkan bagian-bagian sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Pihak-pihak dalam perusahaan besar terdiri dari,
a.
Manajemen keuangan
·
Owner (pemilik)
·
Investor
·
Supplyer (Pemasok barang)
b.
Manajemen SDM
c.
Mananjemen Produksi
d.
Manajemen Pemasaran
·
Promotion
·
Price
·
Place
·
Production
3.
Besarnya resiko kepemilikan
Misalnya dalam bidang industri kita akan memerlukan
alat-alat produksi dan alat-alat produksi itu pun memerlukan perawatan kemudian
belum lagi ada barang-barang reject atau cacat dll. Semua itu merupakan resiko
yang harus kita tanggung dan semaksimal mungkin,kita harus menekan besarnya
kerugian.
4.
Besarnya investasi yang ditanam
Dalam hal ini kita harus memperhitungkan modal yang
kita punya, karena modal sangat berpengaruh pada usaha yang kita jalankaN
5.
Peraturan-peraturan pemerintah
Memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah seperti
ijin industri, NPWP, akta notaris dan ijin domilisi.
6.
Keluwesan untuk beraktivitas
Pertimbangan tentang luasnya bidang usaha yang akan
dimasuki oleh pemilik, misalnya tanpa dibatasi oleh modal, wilayah, atau
batasan lainnya. Pertimbangan keluwesan beraktivitas ini biasanya bagi mereka
yang memiliki modal relatif besar dan memiliki hubungan dengan berbagai pihak
yang terkait, baik pemerintah, swasta, maupun asing. Sebaliknya, bagi mereka
yang tidak terlalu memperhatikan keluwesan beraktivitas biasanya hanya berfokus
pada bidang/wilayah tertentu saja.
7.
Batas wewenang dan tanggung jawab pemilik
Pertimbangan yang memperhatikan masalah tanggung
jawab terhadap utang piutang perusahaan terhadap harta pribadi. Dalam hal
pengembanan wewenang dan tanggung jawab, pemilik biasanya memikirkan faktor
resiko yang akan dihadapi. Pada perusahaan yang jenis badan usahanya memiliki
tanggung jawab tidak terbatas, apabila perusahaan mengalami resiko kerugian,
maka harta pribadi ikut menjadi atas utang/kewajibannya.
8.
Kemudahan pendirian
Pertimbangan untuk pemilik yang ingin memulai usaha
yang berskala kecil. Pemilik hanya perlu memenuhi syarat yang sederhana dan
langsung dapat menjalankan usahannya. Yang menjadi pertimbangan biasanya faktor
biaya dan modal yang harus dipenuhi.
9.
Kemudahan memperoleh modal
Kemudahan perusahaan dalam mendapatkan modal usaha,
mengingat perusahaan yang dijalankan semakin besar. Kemudahan memperoleh modal
ini, baik berupa modal sendiri atau modal pinjaman dari berbagai pihak seperti
bank, atau bantuan dari berbagai pihak.
10. Kemudahan untuk memperbesar usaha
Pertimbangan bagi mereka yang berpikir jauh ke depan
dan optimis bahwa usaha yang dijalankan akan semakin besar, menjadi
pertimbangan badn usaha yang akan dipilih. Perusahaan yang semula kecil
terpaksa mengubah badan usahanya karena usahanya makin besar dan terus
mengalami perkembangan.
11. Kelanjutan usaha
Pemilik berharap usaha yang dijalankan memiliki umur
yang panjang. Oleh karena itu, pemilihan badan usaha untuk jangka waktu yang
panjang menjadi pertimbangan guna perkembangan usaha ke depannya
Sumber:
- Alasan kenapa orang merubah bentuk perusahaan perseorangan ke bentuk perseroan terbatas karena menurut kami kehidupan perseroan terbatas lebih menjamin masa depannya ketimbang perusahaan perseorangan. Selain itu juga laba yg di hasilkan lebih besar daripada perusahaan perseorangan. Perusahaan tetap berjalan walaupun pemimpin berganti-ganti ataupun meninggal dunia. Antara kekayaan dan hak perusahaan dengan pribadi terpisah jadi lebih mudah mengelolanya. Saham juga dapat diperjual belikan.
Sumber :
(pemikiran dari kelompok kami )
- Karena koperasi sangat membantu masyarakat indonesia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dengan koperasi memudahkan mereka membeli sesuatu dengan pembayaran bisa dicicil, mereka tidak keberatan dengan harga karena biaya sangat terjangkau. Biaya/pemabayaran(simpanan wajib/pokok/sukarela) ditentukan dengan rapat anggota koperasi tersebut mereka menyepakati semua hasil keputusan rapat. Landasan negara indonesia adalah gotong royong.apalagi dalam menghadapi ekonomi pasar dimana persaingan pasar yangdangat ketat akan menyebabkan UKM tidak berdaya. Hal ini menyebabkan usaha-usaha kecil dan menengah harus bergabung salam bentuk organisasi, saling membantu dan bekerja sama, semuanya di wadahi dalam organisasi berbentuk koperasi.
Sumber : ( pendapat dari kelompok kami )
: dan refisi dari http://brainly.co.id/tugas/171570
- Pengertian
Komoditas adalah sesuatu benda nyata yang relatif
mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu
jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan
jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui
bursa berjangka. Secara lebih umum, komoditas adalah suatu produk yang
diperdagangkan, termasuk valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.
Karakteristik dari Komoditas yaitu harga adalah
ditentukan oleh penawaran dan permintaan pasar bukannya ditentukan oleh
penyalur ataupun penjual dan harga tersebut adalah berdasarkan perhitungan
harga masing-masing pelaku Komoditas contohnya adalah (namun tidak terbatas
pada) : mineral dan produk pertanian seperti bijih besi, minyak,
ethanol, gula, kopi, aluminium, beras, gandum, emas, berlian atau perak,
tetapi juga ada yang disebut produk "commoditized" (tidak lagi
dibedakan berdasarkan merek) seperti komputer.
Perdagangan Komoditas
Indonesia yang miliki jumlah penduduk yang cukup
besar, mempunyai prospek yang s angat
cerah untuk berbagai kpmpditas barang dan jasa. Setiap orang tentu membutuhkan
makan minum pakaian tempat tinggal. Dahulu Indonesia masih mempunyai sumber
daya alam melimpah sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat
tidak perlu untuk membeli nya ke pasar atau supermarket. Namun sekarang ini
kekayaan alam yang berupa pertanian sudah banyak berubah menjadi bangunan.
Contoh usaha yang bergerak dalam komoditi :
1. Bisnis Online
Di zaman yang sudah serba praktis dan mudah,
perkembangan internet sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Internet bukan lah hal
yang asing lagi bagi semua kalangan masyarakat Indonesia. Dan dengan kemudahan
kita untuk mengakses internet merupakan sebuah peluang besar untuk memulai
suatu bisnis online atau yang sering disebut online shop. Memiliki sebuah
online shop bukan lagi hal yang sulit, karna hanya dengan bermodalkan handphone
dan sambungan internet kita sudah bisa mempromosikan beraneka ragam barang yang
kita jual atau tawarkan. Apalagi kebanyakan orang yang memiliki sedikit waktu
untuk pergi ke mall dan belanja maka beralih lah mereka berbelanja di online
shop.
2. Makanan cepat
saji
Makanan cepat saji bukanlah suatu hal yang asing lagi,
berbagai macam produk produk cepat saji beredar di swalayan, bahkan bukan hanya
swalayan saja, karena fasilitas internet yang sudah sangat maju banyak para
produsen produsen makanan cepat saji menjual nya melalui media sosial.
3. Jasa pemasaran
melalu media social
Masih berkaitan dengan internet, pasti kita semua
telah mengetahui berbagai macam media social seperti facebook, twitter, path,
Instagram DLL. Dengan fasilitas yang menunjang banyak orang yang membuka jasa
pemasaran. Seperti contoh nya seseorang yang memiliki followers/pengikut hingga
ribuan maka banyak online shop yang memberikan barang yang dijual nya kepada
orang tersebut secara gratis dan melalui ribuan followers nya yang dimiliki
orang tersebut mempromosikam online shop tersebut.
4. Bisnis Hijab /
pakaian muslimah
Seiring berkembangnya mode busana muslim atau hijab
beberapa tahun terakhir ini, telah membuka banyak peluang bisnis di bidang
fashion muslimah. Seperti kita ketahui, penggunaan hijab kini bukan hanya
sebagai penerapan nilai agama tapi juga menjadi identitas dari gaya berpakaian.
Hingga banyak perempuan semakin percaya diri menjadikan hijab sebagai style-nya
di ranah syar’i. Ya, style berhijab ini kemudian terbaca sebagai peluang bisnis
yang potensial. Mengingat daya beli masyarakat di Indonesia yang mayoritasnya
memeluk agama Islam akan kebutuhan hijab semakin meningkat.
5. Jasa Rekreasi (
Pariwisata )
Jasa rekreasi yaitu suatu
jasa perjalanan yang dilakukan
untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan
untuk aktivitas. Jasa ini sangat dicari di era globalisasi saat ini
sebab semua orang sangat membutuhkan rekreasi untuk menghilangkan
rasa bosan, jenuh dan rasa stress saat melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh
karena itu setiap orang membutuhkan yang namanya rekreasi.
6. Aplikasi
Smartphone
Smartphone sudah menjadi sebuah barang yang wajib
dimiliki setiap orang. Berbagai macam jenis smartphone sudah dikembangkan dari
waktu ke waktu. Dari mulai smartphone berbasis android, iOS, Windows Phone.
Mengingat Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki tingkat konsumtif
yang tinggi. Dan bagi anda yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi
smartphone, ini adalah awal bisnis yang sangat cerah bagi anda.
7. Bidang Pertanian
Peluang bisnis kopi luwak memiliki prospek yang sangat
baik. Kopi adalah benda yang paling banyak dikonsumsi manusia setelah air
putih. Bisnis kopi luwak tidak tergantung trend atau musiman, tapi ini adalah
bisnis yang stabil dan memiliki prospek yang terus meningkat.
· Coklat merupakan makanan yang sudah tidak
asing lagi bagi masyarakat umum, dan semakin meningkatnya perkembangan jaman
maka semakin meningkat pula variasi dan rasa dari coklat yang ada.Karena
variasi dan rasa coklat yang meningkat maka minat penikmat coklat yang ada pun
juga semakin meningkat, sehingga dari sini terciptalah peluang yang menjanjikan
untuk membuka usaha coklat. Dengan jumlah permintaan konsumen coklat yang terus
meningkat maka dapat dipastikan bahwa usaha coklat ini tidak akan
surut.
Nama Kelompok :
- Nur Alfi Fauziah (28214134)
- Balqies Nur Azizah
- Dwina Septiani Nurdian
- Meilita Ifdial
- Rifka Safitri
- Yudhia Mustika
Komentar
Posting Komentar