PEMASARAN
- Pengertian Pasar :
Kelompok individual (perorangan
maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap
barang tertentu, berdaya beli dan berminat
merealisasikan pembeliannya.
- Pengertian Pemasaran :
Kegiatan pemasar untuk menjalankan
bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan
konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
- Konsep-konsep Inti Pemasaran
- Kebutuhan : suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
- Keinginan : yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
- Permintaan : kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber dayanya terbatas.
- Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki,digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
- Pertukaran : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
- Transaksi : mengendalikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan di antara dua pihak yang melibatkan sedikitnya dua barang/jasa, syarat-syarat yang di sepakati,waktu kesepakatan, dan tempat.
- Pasar : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
- Jenis-jenis Pasar
1. Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
- Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan
- Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
2.Jenis pasar menurut cara
transaksinya.
- Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
- Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
3.Jenis – Jenis Pasar menurut
jenis barangnya.
- Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
4. Jenis – Jenis Pasar menurut
keleluasaan distribusi.
- Pasar Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional, dan
- Pasar Internasional
- Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu
analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi,oleh karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
- Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
1.
Permintaan negative
Sebagian besar pasar tidak menyukai produk. Tugas
pemasar adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk, dan apakah
suatu program pemasaran dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar melalui
perancangan kembali produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih
positif.
2. Tidak ada permintaan
Tidak memiliki kepentingan terhadap manfaatnya. Tugas
pemasar adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan
kebutuhan dan minat pasar.
3. Permintaan terpendam
Memiliki harsat kuat terhadap sesuatu yang
tidak dapat dipuaskan oleh produk atau jasa yang ada. Tugas pemasar adalah
mengukur besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang serta jasa yang
akan memuaskan permintaan terhadap produk tersebut.
4.
Permintaan yang menurun
Setiap organisasi cepat atau lambat
menghadapi menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Tugas
pemasaran adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya
pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara kreatif.
5.
Permintaan yang tidak teratur
Permintaan yang berubah ubah menurut musim,
hari, atau bahkan jam. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk mengubah
pola waktu permintaan melalui cara penentuan harga yang lebih fleksibel,
promosi dan rangsangan lainnya.
6.
Permintaan penuh
Menghadapi permintaan penuh
apabila organisasi itu puas terhadap volume atau hasil yang telah dicapainya.
Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini di tengah
perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.
7.
Permintaan yang berlebihan
Menghadapi permintaan tingkat
yang lebih tinggi dari pada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran
adalah melakukan demarketing yaitu menemukan cara untuk mengurangi permintaan
sementara maupun permanen, seperti dengan menaikan harga, mengurangi promosi
ataupun aktivitas pelayanan.
8.
Permintaan yang tidak sehat
Akan memunculkan upaya yang
terorganisasi untuk mengurangi ataupun mencegah penggunaannya. Tugas pemasaran
adalah mengajak orang orang yang mengemari produk produk ini untuk mengurangi
atau meninggalkannya, dengan peningkatan harga, memberikan ancaman bagi yang
menggunakan, maupun mengurangi ketersediaan produknya.
- Falsafah Manajemen Pemasaran
Dapat memberikan tuntutan kepada usaha
pemasaran, sehingga akan tercapai keseimbangan antara kepentingan organisasi,
konsumen, dan masyarakat. Lima konsep dalam manajemen pemasaran yaitu :
a. Konsep
produksi
b. Konsep produk
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran
e. Konsep pemasaran kemasyarakatan
b. Konsep produk
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran
e. Konsep pemasaran kemasyarakatan
- Baruan Pemasaran
Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling
menunjang satu sama lain. Konsep empat P atau bauran pemasaran tersebut adalah
produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Tujuan pemasaran keempat unsure
tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan dibidang pemasaran
diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.
- Tujuan Sistem Pemasaran
- Memaksimalkan konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan konsumsi
- Memaksimalkan pilihan
- Memaksimalkan kualitas hidup
- Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
- Pendekatan serba barang
Yang melibatkan studi tentang
bagaimana produk-produk tertentu berpindah dari produsen ke konsumen.
- Pendekatan institusi
Mempelajari pemasaran dari segi
organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
- Pendekatan fungsional
Penjualan, pembelian, pengangkutan,
penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarisasi, dan grading serta
pengumpulan informasi pasar.
- Pendekatan manajerial
Pemasaran
berdasarkan pendapat manajer serta kepuasan yang diambilnya.
- Pendekatan social
Memberikan perhatian
pada konstribusi social dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran.
sumber:
Komentar
Posting Komentar